Selasa, 29 Maret 2011

kode ebcdic

Pengkodean EBCDIC (Extend Binary Coded Decimal Interchange Code) Dan ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)

EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) adalah kode 8-bit yang memungkinkan untuk mewakili karakter sebanyak 256 (28) kombinasi karakter, pada EBCDIC,High-order bits atau 4-bit pertama disebut dengan zone bits dan low order bits atau 4-bit kedua disebut dengan numeric bit.
Kode EBCDIC banyak dipakai pada computer generasi ke tiga, seperti pada sistem operasi computer merk IBM, seperti z/OS, OS/390, VM, VSE, OS/400, dan i5/OS. Kode EBCDIC ini juga dipakai untuk beberapa jenis komputer lain seperti Fujitsu-Siemens BS2000/OSD, HP MPE/iX, dan Unisys MCP.
Kode ini merupakan pengembangan dari kode 6-bit yang dipakai untuk kartu berlubang (punched card) pada komputer IBM antara akhir tahun 1950an dan awal tahun 1960an. Variasi dari kode EBCDIC ini disebut CCSID 500 yang ditampilkan pada tabel di bawah ini dalam normat bilangan komputer hexadesimal. Kode 00 sampai 3F dipakai untuk huruf kendali, kode 40 untuk spasi, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar